Tips Mengatasi Anak Bertengkar

Anak Bertengkar

Anak-anak sering kali bertengkar, biasanya karena rebutan mainan atau remote televisi. Jika sudah seperti ini, orang tua seringkali merasa kesal dan marah-marah terbawa emosi. Walau demikian, sebaiknya orang tua tetep sabar dan jangan sampai langsung marah.

Karena, ketika orang tua marah, justru akan membuat anak sering bertengkar, mereka akan menganggap apa yang dilakukan menyenangkan. Ketika sang buah hati bertengkar, sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan. Yuk, langsung aja simak tipsnya di bawah ini.

Hadapi dengan kepala dingin dan tenang

Jika kakak dan adik di rumah bertengkar, anda harus berusaha untuk tetap sabar dan tenang. Tersenyumlah sambil memisahkan keduanya, jangan sampai ikut terbawa emosi. Karena jika orang tua ikut marah, akan membuat anak semakin marah dan berantem satu dengan lainnya. Berikanlah contoh untuk melihat orang tua yang sabar, karena bisa membantu menciptakan karakter sabar dan tenang pada anak.

Berikan kasih sayang pada kakak dan adik dengan sama rata

Cara selanjutnya anda dan suami bisa memberikan kasih sayang yang rata pada sang anak, agar tidak ada kecemburuan dan mereka selalu akur. Pastikan selalu untuk tidak membeda-bedakan keduanya. Jika ada perselisihan, usahakan untuk tidak memihak salah satu dari mereka. Walaupun, anda harus pastikan untuk membela yang benar. Nasihati mereka dengan suara lembut dan dipahami anak.

Alihkan perhatian anak

Saat kakak dan adik bertengkar, anda tak perlu langsung memarahinya. Biarkan keduanya adu pendapat dulu, ketika pertengkaran sudah mulai melampaui batas, segera alihkan perhatian mereka. Misalnya panggil salah satunya dan suruh mengambil dompet di kamar. Dengan begitu, bisa membuat anak lebih tenang dan pertengkaran akan reda dengan sendirinya.

Ajarkan anak untuk menyelesaikan masalahnya

Setiap pertengkaran yang terjadi pasti ada penyebabnya. Oleh sebab itu, anda bisa tanyakan apa penyebab mereka bertengkar, jika sudah ditemukan ajarkan buah hati untuk mengakui kesalahannya dan bertanggung jawab atas perbuatannya. Nasehatilah bahwa yang mereka lakukan tidak baik.

Demikan tips yang bisa anda lakukan untuk meredakan anak bertengkar. Semoga informasinya bermanfaat ya.

This post has already been read 286 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation