Tips Mendidik Anak dalam Belajar

Parenting yang baik – Sebagai orangtua yang memiliki anak di usia sekolah, mendidikan anak dalam belajar merupakan sebuah rutinitas baru yang mau tidak mau harus dilakukan. Tidak hanya saat usia sekolah sebenarnya rutinitas itu bisa dilakukan. Ketika akan menghadapi tahun masuk sekolah orangtua sudah bisa membimbing anaknya untuk belajar berbagai ilmu pengetahuan. Rutinitas itu sepertinya mudah, tetapi dalam kenyataannya banyak orangtua yang gagal melakukannya. Maka dari itu orangtua harus membaca beberapa tips di bawah ini agar bisa berhasil membantu anak belajar.

Tips Mendidik Anak dalam Belajar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mendidik anak dalam belajar terlihat mudah akan tetapi dalam kenyataannya cukup sulit. Kesulitan orangtua dalam mengarahkan anak belajar disebabkan oleh beberapa hal. Tidak hanya faktor anak yang sering kali disalahkan oleh orangtua saja, tapi orangtua sendiri sering menjadi pengaruh ketidakberhasilan itu. Ditambah lagi banyak orangtua yang tidak sadar akan kekeliruannya dan selalu menyalahkan sang anak, membuat mereka trauma dan tidak melakukannya dengan rasa takut.

Kesalahan orangtua yang sering tidak disadari adalah meminta anak belajar akan tetapi para orangtua malah asyik menonton televisi. Biasakan untuk mengerem kegemaran menonton televisi ketika jam belajar anak tiba. Matikan televisi dan jauhkan berbagai gadget dari jangkauan sang anak, lalu rengkuh dia untuk duduk di meja belajar. Ajaklah mereka belajar bersama dengan penuh perhatian. Jika TV sudah dimatikan tapi mendampingi anak belajar tapi orangtua sibuk bermain gadget, pastinya akan membuat mereka malas.

tips mendidik anak

Artikel lain: Solusi Mengatasi Anak yang Suka Marah

Orangtua bertindak sebagai contoh utama. Jadi berikan contoh baik kepada mereka agar tidak ada kata bantahan yang keluar. Jawablah pertanyaan mereka dengan lembut dan hindari bentakan. Anak kecil butuh perhatian dan bukan kata-kata kasar dari orangtuanya. Temani mereka dalam belajar dan mengerjaka pekerjaan rumah sampai selesai.

Bantu mereka jika menemukan kesulitan namun bukan berarti orangtua yang mengerjakan pekerjaan rumah itu. berikan penjelasan dan biarkan anak mengerjakannya sendiri. Pada intinya mendidik anak dalam belajar, orangtua harus menjadi contoh nyata agar mereka juga menirukanya.

This post has already been read 642 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation