Tips Dan Jenis Persalinan Agar Bayi Lahir Dengan Aman

Artikel ini akan membahas mengenai tips dan jenis persalinan agar bayi lahir dengan aman. Sebagai calon ibu yang sedang mengandung, sebaiknya tidak hanya fokus pada saat persalinan saja. Jauh sebelum itu, ibu harus mempersiapkan diri agar ketika proses melahirkan calon buah hati ibu lahir dengan sehat dan aman, tidak ada kecacatan sedikit pun yang menimpa buah hati ibu. Maka, sebenarnya persiapan sebelum persalinan jauh lebih penting. Selain untuk membentuk emosi yang stabil, faktor ketahanan fisik pun akan menjadi kuat.

Persiapan menjelang persalinan bisa dikategorikan menjadi 3 bagian. Pertama, persiapan psikologis dari calon ibu dan serta fisik yang sudah disinggung tadi. Faktor psikologis menjadi sangat penting karena sangat berpengaruh pada mental sang ibu, apalagi bagi ibu yang baru pertama kali akan mengalami proses melahirkan.  Sedangkan untuk membentuk fisik yang kuat, calon ibu bisa melakukan latihan kecil seperti jalan-jalan di pagi hari bersama suami.

persalinan, bayi lahir dengan aman, proses melahirkan, proses melahirkan

Persiapan kedua dan ketiga menjelang persalinan adalah persiapan medis dan teknis. Persiapan medis sangat penting untuk mengetahui tekanana darah, Hb dan lain sebagainya. Sedangkan untuk persiapan teknis ini ibu dengan suami hendaknya harus mempersiapakan tempat melahirkan sang buah hati. Entah itu di Puskesmas, Rumah Sakit, atau bahkan di rumah, ibu harus mempersiapkan segala peralatan yang memadai.

Selanjutnya, jenis dan tips persalinan yang aman. Proses melahirkan bisa dibagi menjadi dua jenis, yang pertama dengan cara cesar dan yang kedua proses melahirkan dengan normal. Untuk menghindari kecacatan pada calon buah hati, biasanya doker akan menyarankan lewat operasi cesar apabila kondisi orang tua tidak mungkin dilakukan dengan cara normal.

Bagi calon ibu yang melahirkan dengan cara normal, sebaiknya ibu harus tahu bagaimana menghadapi kontraksi. Ketika kontraksi, ibu jangan menahan sakitnya sebab iu akan membantu rahim melancarkan calon buah hati keluar. Selain itu, ibu hendaknya harus mengatur napas agar tidak kehabisan tenaga dan jangan berteriak terlalu kencang demi kestabilan ibu. Apapun itu adalah kehendak Tuhan, berdoalah kepada-Nya agar diberi anak yang baik secara fisik dan akhlak. Amin.

This post has already been read 554 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation