Sediakan Waktu Untuk Makan Bersama Keluarga

Rutinitas sehari-hari terbentuk karena kita sebagai pelaku mengeturnya untuk menjadi seperti itu. Pola tidur, pola makan dan pengaturan jadwal kegiatan sehari-hari, semua sudah di set sedemikian rupa baik sengaja atau tidak, sadar atau tidak oleh diri kita sendiri.

Dari banyak kegiatan sehari-hari seperti bekerja, meeting, mengejar target penjualan, melakukan hobi, atau tidur sebenarnya banyak menguras energi dan waktu kita. Tapi sebagai orang tua sudah semestinya kita sediakan waktu untuk makan bersama keluarga.

Saat makan bersama keluarga akan terasa keintiman dan keakraban. Apa lagi kalau menyiapkan makanan bersama-sama. Dimulai dari masak, menata makanan di meja makan sampai merapikan meja makan dan mencuci piring kotor.

Pada waktu makan akan ada kedekatan anatara orang tua dan anak. Sekalipun Ayah dan Ibu sibuk, tetap sediakan waktu untuk makan bersama keluarga. Tidak lupa ajarkan anak-anak mengenai etika saat makan.

Banyak orang tua menghabiskan waktu makan bersama keluarga dengan sangat singkat. Mereka hanya menghabiskan makanan di piring dan kemudian pergi keruangan lain untuk kembali menggunakan laptop atau memainkan smartphone yang ada ditangannya. Mereka tidak sadar bahwa waktu makan bersama keluarga adalah waktu berharga.

makan-bersama-keluarga

Para orang tua sebaiknya memanfaatkan momen setelah makan bersama keluarga. Cara memanfaatkan waktu yang baik dengna menanyakan rutinitas dan kegiatan sekolah anak-anak. Ini sangat berguna bagi orang tua yang memiliki anak kelas 1-3 SD dan anak SMP.

Anak-anak dengan usia kelas 1-3 SD mulai membandingkan itensitas dirinya bersama orang tua dengan intensitas yang terjadi antara temannya dengan orang tuanya. Sedangkan anak SMP, masuk usia remaja, memang sangat membutuhkan perhatian ekstra. Orang tua harus mengetahui siapa teman dekat si anak, bagaimana dia bergaul dan belajar di sekolah.

Semua bisa diketahui dengan membuka obrolan setelah makan bersama keluarga. Jangan ragu untuk meninggalkan browser dan social media beberapa saat demi menjalin kedekatan dengan anak-anak di rumah.

This post has already been read 904 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation