Perhatikan Siklus Haid Anak Perempuan Anda

Saat memasuki usia pubertas anak perempuan akan ditandai oleh masa haid. Mereka mungkin awalnya akan khawatir dan orangtua perlu memberikan penjelasan dini. Bicara mengenai haid dari sudut pandang kesehatan dan perilaku dalam pergaulan sangat penting sebagai bekal pengetahuan anak.

Ibu tentunya tidak ingin merugi bila ada kesalahan dalam cara bergaul anak remaja. Tentunya perlu berhati-hati saat anak remaja memasuki usia haid. Pembekalan pengetahuan tentang haid sangat perlu dan pengawasan siklus haid anak remaja Anda juga menjadi tugas penting bagi orangtua.

Macam-macam haid berdasarkan lama masa haid

1. Haid normal

Lama masa haid normal 7 hari. Sebagian mengalami banyak saat 5 hari pertama dan 2 harinya hanya keluar flek saja. Ini sangat normal.

2 Haid lama dan banyak

Haid umumnya 7 hari, haid yang lama dan banyak biasanya lebih dari 8 hari. Bila lama masa haid lebih dari 12 hari dan selalu demikian ajak anak Anda untuk cek kesehatan. Dikhawatirkan ada yang tidak beres dengan bagian rahimnya. Kemungkinan yang biasa terjadi adalah tumor jinak dibagian rahim.

3. Haid sebentar dan sedikit

Lama masa haid tidak selalu 7 hari, terkadang ada perempuan yang hanya sebentar dan sedikit. Hanya haid dalam 3 hari dan sisanya hanya keluar flek saja. Ini sangat umum dan wajar terlebih bila ada riwayat pernah oprasi myoma.

Perhatikan siklus haid anak untuk menjaga keselamatan anak perempuan dari kesehatan dan pergaulan menyimpang. Kebanyakan orangtua melupakan hal ini. Padahal ini adalah gerbang dari menjaga keutuhan anak perempuan Anda.

This post has already been read 1122 times!

One Thought on “Perhatikan Siklus Haid Anak Perempuan Anda

  1. Pingback: Mendampingi Anak Perempuan Saat Masuk Pubertas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation