Peran Nutrisi Ibu Hamil Bagi Janin yang Dikandung

Ketika perut mulai membuncit seiring berjalannya waktu, asupan nutrisi ibu hamil harus menjadi salah satu prioritas. Tidak hanya membantu ibu tetap sehat selama masa kehamilan, kebutuhan nutrisi itu penting untuk menjamin pertumbuhan janin. Oleh karenanya ibu sendiri, suami ataupun keluarga besar harus bisa menjamin bahwa makanan yang ibu makan sudah memiliki nutrisi lengkap.

Suami harus bisa memilihkan mana makanan yang baik dan mana makanan yang tidak baik bagi ibu hamil. Ketatnya pengawasan mengenai makanan itu bertujuan ketika nanti lahir, ibu selamat dan buah hati lahir sehat dan tidak ada kekurangan sedikitpun.

Peran Nutrisi Ibu Hamil Bagi Janin yang dikandungnya

Seperti yang kita ketahui bahwa janin di dalam perut sama halnya seperti anak yang sudah lahir. Mereka membutuhkan asupan makanan agar tubuhnya tumbuh berkembang dengan semestinya. Dari mana janin mendapatkan asupan makanan? Jawabannya adalah dari makanan yang ibu makan. Jadi di masa pertumbuhan di dalam perut, janin membutuhkan makanan dengan nutrisi yang lengkap. Dengan kata lain nutrisi ibu hamil harus dipenuhi jika ingin anaknya tumbuh dengan baik.

Peran Nutrisi Ibu Hamil Bagi Janin yang Dikandung

Peran nutrisi ibu hamil bagi janin yang dikandungnya adalah untuk membantu berbagai macam pertumbuhannya. Seperti makanan yang mengandung kalori akan membantu pertumbuhan fisiknya. Kalori harus didapatkan dari makanan yang beraneka ragam baik itu buah, sayuran, daging, ikan dan juga umbi-umbian. Sedangkan asam folat akan membantu membentuk sistem syaraf dan sel bagi janin. Kekurangan asam folat akan berakibat fatal karena janin akan tumbuh dengan tidak sempurna seperti mengalami kelainan ataupun sistem imunnya yang lemah. Makanan yang mengandung asam folat seperti sayuran hijau, beras merah dan juga buah-buahan. Keberadaan kalsium akan membantu menyempurnakan gusi dan calon gigi yang akan tumbuh ketika waktunya tiba. Jika janin kekurangan kalsium itu akan membahayakan sang ibu karena janin akan mengambil kalsium dalam tulang ibu untuk dia serap. Makanan yang mengandung kalsium seperti sayuran hijau, kacang-kacangan dan juga susu.

Itulah berbagai peran nutrisi ibu hamil bagi janin yang dikandungnya. Ingat ketika hamil makanan yang masuk ke dalam perut dibagi menjadi dua, jadi pilihkan makanan yang baik jika ingin buah hati lahir dengan sehat.

This post has already been read 538 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation