Penting Mengingatkan Anak Untuk Selektif Dalam Memilih Teman Bermain

Waktu terus berjalan, ada kalanya anak tumbuh dan memasuki usia remaja. Anak akan banyak belajar dari lingkungannya, baik lingkungan keluarga, sekolah dan teman bermainnya. Pada usia remaja, biasanya anak banyak terpengaruh dengan lingkungan bermainnya. Maka itu, penting untuk mengingatkan pintar-pintar dalam memilih teman kepada anak.

Anak yang memasuki usia remaja sudah mengetahui mana yang baik dan buruk untuknya. Lalu apa yang salah pada anak remaja yang berperilaku menyimpang?

Tidak sepenuhnya mereka boleh disalahkan, sebagai orangtua kita bertanggungjawab untuk memberikan pengarahan dan pengasuhan yang benar.  Setelah masuk usia remaja, anak bisa menentukan dengan siapa ia bergaul. Mereka sudah tidak sepenuhnya dalam pengawasan orangtua. Rentan akan pergaulan yang kurang baik dan berperilaku menyimpang.

mengingatkan-anak-untuk-selektif-dalam-memilih-teman

Sejak kecil ajarkan pendidikan agama, sopan santun dan beritahu mana yang baik dan salah. Biasakan dengan mencontohkan bukan hanya sekedar kata-kata. Berikan kenyamanan dengan pola pengasuhan yang baik. Dekatkan diri kita dengan anak dengan cara mengetahui perkembangan mereka. Jadi tak ada salahnya sebagai orantua kita meng-update informasi untuk tahu keadaan terkini. Seperti apa sih trend dikalangan remaja untuk saat ini.

Selektif dalam memilih teman bermain pun bisa orangtua contohkan kepada anak. Misalkan, dengan mengenalkan teman-teman Anda dan memberikan contoh yang baik. Perlihatkan cara bergaul yang baik, seperti cara berpakaian saat berkunjung, memberikan salam di awal pertemuan, waktu berkunjung dan semacamnya. Dengan demikian anak belajar dari kebaikan yang pernah diperlihatkan orangtuanya.

This post has already been read 622 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation