Parenting Yang Baik Dengan Menanamkan Pendidikan Agama Pada Anak

Mempunyai anak merupakan anugerah bagi para orangtua. Tumpuan masa depan keluarga tentu saja dibebankan kepada anak nantinya. Oleh karenanya, Anda harus mempunyai jiwa parenting yang baik untuk dapat mengarahkan anak tetap ke jalan yang baik dan benar.

Cara yang paling banyak digunakan adalah dengan memberikan pendidikan agama sejak dini. Semua agama selalu mengajarkan manusia untuk bertindak yang baik dan menjauhi hal yang buruk. Jika anak dapat menguasai ilmu agama sejak kecil, pada saat dewasa mereka pasti akan lebih terarah dalam menjalankan hidupnya.

parenting yang baik

Bimbingan yang baik dari orang tua sudah menjadi tanggung jawab yang wajib dilakukan. Pandangan bahwa perilaku anak berasal dari keturunan orangtuanya sangat kental dalam masyarakat kita. Parenting yang baik dengan dimulai pada saat anak masih kecil atau bahkan masih bayi menjadi kunci kepatuhan dan ketaatan anak anda.

Sebenarnya, pendidikan agama untuk anak telah dilakukan oleh orangtua yang beragama Islam dengan mengumandangkan adzan ke telinga kanan bayi saat baru lahir. Harapannya adalah, dengan adzan yang pertama kali didengar oleh bayi, maka nantinya kumandang adzan tersebut yang selalu diingat olehnya.

Setelah menginjak balita, tindakan parenting yang baik dapat Anda lakukan dengan mengajarkan nilai-nilai agama yang Anda anut. Ajarkan kepada anak cara dan lafal berdoa dan biasakan untuk berdoa sebelum dan sesudah mengerjakan sesuatu.

parenting yang baik

Parenting yang baik dengan mengajarkan doa dan kebiasaan berdoa akan membangun mental anak agar tetap patuh terhadap ajaran agamanya. Selain itu, Anda juga dapat mengajak anak ke tempat ibadah dan lakukan apa yang seharusnya dilakukan ketika beribadah. Kebiasaan bersedekah juga dapat Anda ajarkan kepada anak.

Parenting yang baik juga dapat Anda lakukan dengan berinisiatif memasukkan buah hati Anda ke tempat pendidikan yang agamis. Bagi umat Islam, Anda dapat memasukkan anak Anda ke Tempat Pendidikan Al Quran (TPA). Untuk lebih memantapkan pendidikan agamanya, Anda dapat mengarahkan anak Anda untuk masuk ke sekolah berbasis agama sesuai dengan agama yang dianutnya.

This post has already been read 640 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation