Masa Pertumbuhan Anak Sangat Membutuhkan Asupan Berikut dan Juga Takarannya

Kita sebagai orang tua pasti menginginkan dan mengharuskan diri kita agar dapat memberikan makanan bernutrisi, bergizi, sehat, dan juga enak pastinya untuk anak kita, guna membantu Masa Pertumbuhan Anak. Tetapi apakah kita sudah tahu apa apa saja zat-zat yang harus diberikan kepada anak?

Sebenarnya pemenuhan nutrisi untuk anak sangat penting dan bisa dibilang harus lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan orang dewasa. Setiap anak membutuhkan vitamin, mineral, karbohidrat, protein, dan lemak. Hal yang membedakannya adalah jumlah kuantitas nutrisi yang diperlukan anak berdasarkan tingkat usia.

Semua zat nutrisi tersebut berasal dari makanan sehat. Hal inilah yang menyebabkan makanan sehat dan bergizi itu wajib hukumnya untuk diberikan kepada anak untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Ada penelitian yang menyebutkan seorang anak yang tadinya tidak mendapatkan asupan sarapan bergizi tinggi nilai akademis dan psikososialnya sangat buruk, tetapi ketika si anak mendapatkan asupan sarapan bergizi baik, secara drastis nilai akademis dan psikososialnya bertambah. Tidak diherankan lagi sekarang bahwa makanan atau sumber bahan bakar manusia yang bergizi sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan anak. Berikut adalah nutrien yang sangat diperlukan anak dalam masa pertumbuhannya:

Masa Pertumbuhan Anak

Sumber Gambar : Mymilk.com

  1. Makanan Sumber Protein

Kacang-kacangan, ikan, daging, telur, dan biji-bijian merupakan sumber protein. Jadi tak ada salahnya jka kita mmeberikan ini kepada anak. Selain protein, bahan makanan yang sudah disebutkan tadi, juga memiliki nutrisi lainnya loh.

Daging sapi atau daging tanpa lemak selain sebagai sumber protein, juga merupakan sumber zat besi yang dapat membantu anak dalam mempertahankan energi dan fokusnya di sekolah. Selan itu, daging sapi juga merupakan sumber mineral seng. Mineral ini dapat membantu si anak mempertahankan memorinya.

Selain itu, ada pula kacang-kacangan. Kacang-kacangan mengandung protein yang baik untuk perkembangan otak si anak. Kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat kompleks, serat, serta vitamin dan mineral. Lalu bagaimana dengan biji-bijian?

Pada biji-bijian, tak hanya protein yang dihasilkan. Vitamin B yang baik untuk syaraf pun dihasilkan oleh biji-bijian. Di samping itu, biji-bijian juga penghasil glukosa untuk energi otak.

Untuk telur, selain sumber protein, juga merupakan sumber kolin. Kolin itu terdapat pada kuning telur. Kolin merupakan nutrisi penting untuk perkembangan memori.

Nah, untuk ikan, gunakan ikan berlemak, seperti salmon misalnya, untuk diolah sebagai makanan yang dibutuhkan anak. Ikan salmon merupakan sumber penghasil asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Lemak dari salmon ini pun dapat membantu anak meningkatkan mental dan keterampilan mereka.

Melihat pentingnya protein, sepertinya memberikannya dalam takaran yang banyak tidak ada salahnya loh.

  1. Buah-buahan

Selain protein, beri juga anak buah-buahan. Buah-buahan mengandung serat yang sangat diperlukan oleh anak untuk memperlancar pencernaan. Selain itu, buah-buahan merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh.

Berikan buah-buahan yang bervariasi agar anak tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Selain itu, buah juga bisa menjadi sumber belajar untuk anak.

  1. Sayur-sayuran

Sama seperti buah-buahan, sayuran juga menghasilkan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.  Selain itu, sayuran juga menghasilkan antioksidan untuk menjaga kesehatan otak.

Banyak anak yang tidak menyukai sayuran, tetapi jika kita olah dengan cara yang lucu, mungkin dari tampilannya, anak akan senang memakannya. Jika anak hanya memakannya sedikit, gunakan buah-buahan sebagai alternatifnya.

  1. Produk Susu

Produk susu dan turunannya, seperti yoghurt, keju, dan lainnya, selain memiliki vitamin D, juga memiliki kandungan vitamin B. Vitamin B dari susu ini diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim.

Untuk asupan susu, bisa kita gunakan susu cair untuk diberikan langsung kepada anak untuk diminum. Tetapi jika anak tidak suka susu, kita bisa mengolahnya atau menambahkan bahan lain dalam susu tersebut guna mengubah rasa dan aroma dari susu.

  1. Gandum

Gandum merupakan sumber energi bagi otak. Selain itu, gandum juga mengandung serat, vitamin B kompleks, dan vitamin E yang merupakan antioksidan pelindung membran syaraf.

Setelah mengetahui sumber makanan untuk masa pertumbuhan anak, ada baiknya jika kita mengetahui jumlah takarannya. Berikut adalah tabelnya:

Usia Zat Perempuan Laki-laki
6-8 tahun Protein 85-141.5 gram 85-155.65 ons
Buah 1-1.5 cangkir 1-2 cangkir
Sayuran 1.5-2.5 cangkir 1.5-2.5 cangkir
Gandum 113.2-169.8 gram 113.2-169.8 gram
Produk susu 2.5 cangkir 2.5 cangkir
9-12 tahun Protein 113.2-169.8 gram 141.5-183.95 gram
Buah 1.5-2 cangkir 1.5-2 cangkir
Sayuran 1.5-3 cangkir 2-3.5 cangkir
Gandum 141.5-198.1 gram 141.5-154.7 gram
Produk susu 3 cangkir 3 cangkir

Itulah sedikit ulasan tentang makanan masa pertumbuhan anak. Semoga kita bisa memaksimalkan petumbuhan anak-anak kita.

This post has already been read 857 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation