Kiat Jitu Mengajari Anak Bangun Pagi Untuk Daya Tahan Tubuh Kuat

Apa hubungan antara bangun pagi dan daya tahan tubuh kuat?

Kebiasaan bangun pagi memang harus diajari sejak usia dini, hal ini selain melatih kedisiplinan anak juga membentuk daya tahan tubuh yang lebih kuat. Saat kita bangun lebih awal, tentu kita akan mendapatkan oksigen segar atau dalam kata lain udara yang lebih bersih dibanding saat siang hari. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga tubuh lebih siap dalam menangkal berbagai macam virus atau penyakit yang mengincar lemahnya daya tahan tubuh seseorang terutama si kecil yang sangat rentan dengan berbagai gangguan kesehatan.

bangun tidur

Tapi sayangnya kebiasaan bangun pagi sangat sulit untuk dibentuk atau dibiasakan, banyak faktor yang menyebabkan seseorang sangat sulit untuk bangun lebih awal. Namun untuk membentuk kebiasaan ini sejak usia dini, ada beberapa kiat jitu yang bisa kita gunakan sebagai orangtua untuk membuat si anak terbiasa dengan rutinitas sehat ini. Dilansir dari berbagai sumber, beberapa kiat jitu berikut ini diharap bisa membantu orangtua dalam mengajari anak untuk bangun lebih awal:

Waktu Tidur Sesuai Kebutuhan

Waktu tidur ini sangat penting kita perhatikan, anak berusia 5-10 tahun membutuhkan 11 jam waktu tidur di malam hari sementara anak berusia 11-18 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 9 jam setiap malamnya. Pastikan anak Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malamnya.

Bangunkan dengan Kasih Sayang

Point ini juga sangat penting agar mendidik anak Anda bisa bangun lebih awal dengan semangat tinggi, yaitu cara Anda dalam membangunkan mereka menjadi penentu bagaimana pola mereka. Jangan harap anak Anda akan terbiasa bangun pagi dengan tenang jika Anda selalu meneriaki dengan nada kencang dan mengejutkan, sebaliknya bangunkan dengan suara lembut dan sentuhan yang menenangkan.

Pasang Alarm

Alat ini sangat berguna agar anak Anda dapat bangun dengan sendirinya setiap pagi, pasangi alarm di meja tempat tidurnya. Apalagi dengan perkembangan zaman yang semakin maju, Anda bisa mendapatkan berbagai model alarm yang lucu dan suara berbeda-beda sesuai keinginan si anak.

Buka Tirai Jendela

Dengan masuknya sinar matahari secara alami ke dalam kamar, bisa membuat anak Anda bangun dengan sendirinya tanpa ada perdebatan atau rengekan. Hal ini juga membuat tubuhnya lebih segar karena tersiram dengan sinar matahari pagi yang penuh dengan kebaikan.

Sediakan Sarapan kesukaan

Anak juga akan lebih mudah bangun pagi jika Anda menggodanya dengan sarapan kesukaannya. Aroma makanan yang lezat bisa membuat otak manusia terbangun dari tidur lelap secara alami karena dorongan dari alam bawah sadarnya. Jangan lupa untuk memberikan Anak suplemen yang membuat kesehatannya terjaga dan membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Semoga informasi ini dapat membantu para orangtua dalam mengajari anak bangun lebih pagi dan beraktivitas lebih semangat setiap harinya ya.

This post has already been read 341 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation