Good Parenting: Etika Meletakkan Alat Makan

Sehari-hari anak banyak menerima pelajaran sehingga mereka dari tidak tahu menjadi tahu. Ada satu hal yang juga perlu mereka ketahui, yaitu tentang etika saat makan di meja makan.

Banyak sekali hal spontanitas yang bisa dilakukan seorang anak ketika sedang makan bersama di meja makan. Salah satu cerita, saat pelayan mengantar menu yang kita pesan, anak bertanya-tanya apa itu dan apa ini. Tidak jarang juga bila yang dihidangkan belum pernah dilihat sebelumnya, maka anak akan merasa penasaran sampai bertanya berulang-ulang dan mengeluarkan suara besar. Sementara orang tua sibuk merapikan tataan menu di meja makan dan mengabaikan pertanyaan anak. Anak terus mengulang pertanyaan sampai akhirnya mengganggu orang di meja lain.

Menghadapi hal ini, siasati dengan sambil menceritakan atau deskripsi singkat tentang bahan-bahan yang ada di dalam masakan tersebut. Perkenalkan nama dan rasanya, ini bisa membuat anak lebih tenang karena pertanyaan-pertanyaan yang timbul dipikirannya terjawab semua. Dengan mengetahui apa yang dimakan dan apa yang dirasakan anak akan belajar mengenal dan mengingat, dengan cara ini anak bisa mengetahui makanan apa yang disuka dan tidak. Cara ini merupakan cara melatih disiplin sekaligus belajar mengenal sambil belajar memahami etika saat makan bagi anak.

Lain cerita lagi bila anak berdiri di atas kursi. Bila anak masih dalam usia 1-3 tahun orang tua bisa memberikan pengertian dan penjelasan mengenai fungsi bangku dan meja makan sebagai bagian dari etika saat makan. Bila anak melakukan ini di usia 4-6 tahun makan orang tua perlu mendisiplinkan anak. Awali dengan merubah fokus anak untuk menjaga etika saat makan. Buat anak merasa tertarik dengan menu makanan yang akan dihidangkan. Biasakan anak makan dengan posisi duduk untuk melatih disiplin anak. Sambil menunggu makanan diantar, lebih baik bercerita atau me-review kegiatan sebelum masuk ke tempat makan.

Selain contoh diatas, etika saat makan yang juga penting dan bisa diberitahukan kepada anak adalah etika meletakkan alat makan di atas piring. Bila anak tidak mengerti sebaiknya kita memberitahukan. Bila nantinya anak mendapat undangan makan di tempat lain maka anak tahu bagaimana etika saat makan yang baik. Biasakan kebaikan sejak sedini mungkin agar anak terbiasa.

good-parenting-etika-saat-makan

This post has already been read 661 times!

2 Thoughts on “Good Parenting: Etika Meletakkan Alat Makan

  1. Pingback: Sediakan Waktu Untuk Makan Bersama Keluarga

  2. Pingback: Manfaat Dari Biasakan Makan Dengan Posisi Duduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation