Cara Yang Benar Untuk Ganti Popok Balita

Saat bayi berusia lebh dari 24 bulan biasanya sudah punya kemampuan bahasa dan fisik untuk dapat dilatih ke kamar kecil untuk buang air. Tapi walaupun begitu, popok masih juga jadi kebutuhan yang tidak terpisahkan bagi para bayi yang usianya udah 2 tahun keatas atau sudah balita.

Walaupun kelihatannya mengganti popok itu bukanlah hal yang sulit, tapi kebanyakan para orang tua belum tahu persis sebenarnya apa saja yang baik dan benar untuk ganti Popok Balita tersebut. Berikut ada beberapa hal yang penting yang perlu diperhatikan saat mengganti Popok Balita :

Lokasi Ganti Popok Balita Yang Benar

Ada orang tua yang kadang melupakan bahwa buah hatinya sudah bertambah besar, jadi masih tetap saja mengganti popok nya di tempat atau di meja yang biasa menjadi tempat untuk ganti popok sang buah hati saat masih bayi. Seiring pertambahan usia, pastinya ukuran dan berat sang buah hati sudah tidak sama lagi. Untuk meminimalisir resiko, lebih baik ganti Popok Balita di lantai yang sudah dialasi dengan tempat yang nyaman bagi si buah hati. Karena biasanya si buah hati akan menggeliat dan banyak gerak saat sedang diganti popoknya.

GBM040320152

Ukuran Popok

Kalau sedang ada potongan harga atau sedang berbelanja, jangan terburu-buru untuk membeli popok dengan jumlah yang banyak. Karena seiring berjalannya waktu juga, buah hati anda juga pasti akan tumbuh, dan jangan memaksakan popok yang sudah terlihat kesempitan di si sang buah hati. Walaupun ada karet yang dapat elastis, sebenarnya malah akan menyakiti buah hati anda kalau dipaksakan dipakaikan ukuran yang tidak sesuai dengan ukuran buah hati anda.

Ruam

Walaupun sudah menjadi balita dan dipakaikan Popok Balita yang cocok dengan si buah hati, tetapi saat terjadi ruam saat dipasangkan popok, berikan perlakuan yang sama saat si buah hati masih kecil seperti memberinya olesan salep anti ruam. Amati juga tanda dari terjadinya infeksi seperti demam, bisul dan juga ruam yang menyebar ke luar popok. Kalau anda menemukan salah satu tandanya, sebaiknya segera konsultasikan obatnya kepada dokter.

Popok Kotor

Saat balita anda mengompol, maka balita anda sudah terbiasa tidak mereaksikan apa-apa, karena gel yang ada di dalam popok akan menjaga supaya cairan yang ada di dalamnya tidak keluar ataupun rembes. Alhasil, kita sebagai orang tua malah jadi keenakan karena si buah hati tidak mengeluh apa. Tapi justru hal tersebutlah yang dapat menjaadi penyebab timbulnya ruam loh. Jadi, tidak ada salahnya agar kita selalu mengecek dan segera mengganti popok yang sudah basah walaupun si buah hati masih merasa nyaman.

GBM040320153

This post has already been read 516 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation