Cara Tepat Untuk Menyusui Bayi Yang Terkena Penyakit Kuning

Bayi kuning adalah seorang bayi yang terlahir sudah menderita Penyakit Kuning atau bisa disebut juga dengan Jaundice. Penyakit Kuning ini disebabkan karena bilirubin yang menumpuk atau bisa juga karena sel darah merah yang terpecah pada kulit bayi.

Menurut penelitian, 10 persen bayi yang lahir dengan Penyakit Kuning ini memiliki resiko patologis yang dapat berbahaya bagi tak bayi. Untuk mencegah penyakit yang lebih serius lagi, bayi harus tetap diberikan asupan ASI dari sang ibu untuk menjaga ketahanannya.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang benar untuk menyusui bayi yang terkena Penyakit Kuning :

Perhatikan Posisi

Pastikan bayi kamu berada dposisi yang nyaman pada saat sedang menyusui, sehingga bayi kamu bisa dengan mudah untuk meminum ASI dari kamu.

Kontak Kulit

Kontak kulit harus sering dilakukan oleh sang ibu dengan bayinya, agar pada saat si bayi menyusui, dia tidak merasa kepanasan atau gerah karena biasanya suhu badan ibu akan sedikit menngkat ketika sedang menyusui.

Double Nursing

Terdapat 2 metode dalam menyusui, atau disebut juga sebagai metodeĀ  double nursing. Yang pertama adalah menyusui dengan posisi tidur, dan yang kedua adalah dengan duduk atau berdiri. Setelah menyusui, biarkan bayi bersendawa untuk melonggarkan pencernaannya. Kemudian setelah 10 sampai 20 menit, bisa susui bayi kembali sambil tiduran.

Switch Nursing

Switch nursing adalah cara menyusui bayi dengan melakukan pergantian dari payudara kiri ke sebelah kanan, begtu juga sebaliknya. Dalam metode ini, kamu bisa mengganti posisi payudara kamu saat bayi sedang tidur sambil menyusu.

Jangan Saat Bayi Tidur

Usahakan menyusui bayi yang terkena Penyakit Kuning dalam keadaan tidur. Karena sebenarnya, bayi kuning itu lebih banyak tidur dibandingkan bayi yang sehat, jadi supaya bayi kuning ini cepat sembuh dari penyakitnya, asupan ASI juga harus cukup.

Konsultasi Dengan Ahlinya

Selalu bawa dan mengkonsultasikan kesehatan bayi kamu dengan ahlinya yaitu dokter spesialis anak saat dia di diagnosa mengidap penyakit kuning. Ikuti pengobatan dan saran yang diberikan oleh dokter,jangan segan untuk menanyakan pula bagaimana cara menyusui yang baik bagi bayi kamu.

agoodparenting2

This post has already been read 425 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation