Cara Mengajarkan Kasih Sayang Kepada Anak Dengan Cerita Bergambar Hewan

Pola pengasuhan dengan mencontohkan hal dan perbuatan yang baik kepada anak sampai saat ini masih jadi cara paling populer yang diterapkan oleh orangtua. Anak usia 0-5 tahun mampu merekam banyak kejadian dan cerita yang didengarnya. Maka dari itu selain memberi contoh hal yang baik, bercerita juga menjadi hal yang bisa merangsang kemampuan berbahasa anak.

Bagi anak yang berusia 3-7 tahun sangat memerlukan siraman rohani, mengenal kasih sayang, mengenal rasa aman, mengenal orang lain dan lingkungan sekitar. Pola pengasuhan yang tepat sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak dimasa awal.

Salah satu cara yang bagus untuk mengajarkan kasih sayang kepada anak adalah dengan cerita bergambar hewan. Kumpulkan gambar hewan dan rangkai cerita dengan sisipan pesan moral atau sekedar mengenalkan kasih sayang kepada lingkungan dan sesama. Hanya dengan cara ini kita sebagai orangtua bisa menumbuhkan rasa kemanusiaan di dalam diri anak.

Cara Memanfaatkan Gambar Hewan Untuk Mengajarkan Kasih Sayang Kepada Anak

pesan moral cerita bergambar

Image: g+

Cara mengajarkan kasih sayang kepada anak dari gambar beberapa anak anjing ini, kita bisa menyampaikan suatu cerita dengan pesan kebersamaan. Di dalam kebersamaan ada hal yang harus kita rasakan, yaitu rasa senang. Agar semua merasa senang saat bermain bersama kakak dan adik atau teman sebaiknya kita bisa saling berbagi, mengalah, mengantri dan rela bergantian. Membangun rasa kebersamaan bisa membuang rasa egois dalam diri anak. Egois kadang memang tetap ada, tapi dengan memberikan pesan kebersamaan bisa merem kadar ego pada seorang anak.

 pesan moral cerita bergambar

Image: g+

Cara mengajarkan kasih sayang kepada anak dari gambar kedua kita bisa menyampaikan suatu cerita dengan pesan tentang laki-laki harus menjaga perempuan. Makanya dirumah atau disekolah anak laki-laki harus menjaga teman perempuan dan tidak boleh menyakiti anak perempuan. Perempuan sama kuatnya dengan pria, tapi karena perempuan adalah ciptaan Tuhan yang penuh dengan keindahan, maka itulah kita perlu menjaganya. Ini penting untuk ditanamkan kepada anak. Agar saat mereka dewasa, tidak perlu melakukan kekerasan kepada perempuan.

 mengajarkan kasih sayang kepada anak

Image: g+

Cara mengajarkan kasih sayang kepada anak dari gambar anak singa dan rubah ini kita bisa menyampaikan cerita dengan pesan moral untuk bisa menghargai perbedaan. Walau berbeda tetap bisa menjalin pertemanan yang baik. Tetap bisa saling menjaga dan melindungi satu sama lain. Ketika anak mulai masuk sekolah, ia akan bertemu dengan banyak teman baru dimana masing-masing memiliki latar belakang yang berbeda.

 mengajarkan kasih sayang kepada anak

Image: g+

Cara mengajarkan kasih sayang kepada anak dari gambar 3 tupai ini kita bisa menyampaikan cerita dengan pesan kerjasama. Sebagai manusia ada saatnya kita membutuhkan untuk bekerjasama dengan orang lain untuk mencapai suatu tujuan. Beritahukan juga kejujuran dan kekompakan dalam bekerjasama. Ini bisa menghidarkan anak dari sifat curang nantinya.

Sampaikan cerita bergambar dengan pesan moral ini dengan bahasa yang ringan. Pola pengasuhan seperti ini bisa membuat anak lebih peka dan sebagai orangtua kita juga berusaha membangun rasa kemanusiaan anak.

Baca Juga:

Menyapih dengan Cara Berdiskusi Kepada Anak Untuk Menghindari Trauma di Masa Kecil

Menyajikan Sepiring Makanan Sehat Untuk Si Kecil

3 Cara Pendampingan Pada Anak Saat Usia Remaja Dalam Memilih Teman

This post has already been read 1593 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation