Berikan Pujian pada Anak dengan Cara Benar

Memberi pujian pada anak, menjadi perdebatan para psikolog. Ada yang berpendapat jika terlalu memberi banyak pujian membuat anak menjadi kurang peka dengan hasil kerja yang sesungguhnya. Namun, jika hasil karya anak tidak dipuji bisa mengakibatkan perkembangan emosional yang tidak baik, karena anak akan merasa hasil kerja kerasnya tidak dihargai.

Menurut halaman justmommies.com Anda harus memberikan pujian pada anak dengan cara benar. Hindarillah pujian palsu yang justru akan membuat anak tidak bisa menilai kemampuannya sendiri. Selain itu, pujian palsu bisa berakibat anak menjadi pamrih jika mereka melakukan perbuatan baik.

Jadi Pendengar yang Baik untuk Si Buah Hati

Jika Anda sering memberikan pujian, bahkan untuk hal-hal yang tidak layak, pada akhirnya anak akan belajar bagaimana caranya ia mendapat pujian. Hal tersebut bisa merusak mentalitas anak, karena mereka tidak belajar sungguh-sungguh untuk memperoleh suatu prestasi dan justru melakukan kecurangan demi hasil yang baik dami sebuah pujian.

Selain itu, Anda harus tulus saat memberi pujian, karena anak akan tahu apakah pujian yang Anda berikan tulus atau tidak. Sampaikanlah dengan penuh kasihsayang, terlebih jika anak sudah berusia diatas 5 tahun, mereka jauh lebih perasa.

Tips Agar ASI Mengalir Lancar

Anda juga harus memberikan keseimbangan dalam memuji anak. Pastikan pujian yang Anda berikan karena ia benar-benar berhak mendapatkannya. Fokuslah pada pujian yang positif karena sebuah prestasi dan usaha kerja keras untuk memperoleh prestasi tersebut. Meskipun, ia gagal dan Anda melihat kerja kerasnya, tetaplah puji, agar ia lebih bersemangat lagi.

Pujian pada Anak

This post has already been read 316 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation