Aman dan Nyaman Mudik Bersama Si Kecil

Lebaran sebentar lagi tiba! Persiapan apa saja yang sudah dilakukan ibu? Beli tiket? Nyicil packing? Atau malah saat ini ibu sedang bingung karena ada si kecil yang tak bisa ditinggal tapi ibu rindu kampung halaman? Tinggal di rumah memang menjadi solusi paling praktis. Namun kalau ibu memang berniat untuk mudik bersama si kecil, kenyamanan serta kesehatan si kecil tentu menjadi prioritas utama. Karena jika si kecil nyaman dan gembira, seluruh perjalanan juga akan menjadi terasa lebih menyenangkan.

Ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk memastikan supaya kelancaran mudik bersama si kecil terjaga. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan si kecil untuk perjalanan. Jauh-jauh hari sebelum mudik, cobalah membawa si kecil jalan-jalan dengan menggunakan mobil atau kendaraan yang akan digunakan nanti. Lalu amati reaksi si kecil dan pelajari tindakan apa yang bisa menenangkannya saat rewel. Dengan demikian ketika mudik nanti, ibu akan jadi lebih mudah mengurus si kecil.

Aman dan Nyaman Mudik Bersama Si Kecil

Sebelum mudik bersama si kecil, biasakan dia untuk mengenakan sesuatu yang tidak biasanya dia pakai. Misalnya, jika si kecil tidak terbiasa memakai popok bayi sekali pakai, maka jauh-jauh hari sebelum hari H, cobalah untuk memakaikan popok sekali pakai ke si kecil. Sehingga waktu perjalanan nanti, ibu tidak kesulitan untuk memakaikannya. Tapi ingat, selalu amati reaksi si kecil. Popok yang terlalu lama dipakai tanpa diganti bisa menjadi sarang bakteri yang berbahaya bagi kesehatan kulit bayi.

Lalu sangat disarankan bagi ibu untuk memilih jam keberangkatan malam hari ketika mudik bersama si kecil. Hal dikarenakan jam biologis manusia pada umumnya akan mempergunakan waktu malam hari untuk terlelap. Bayi pun demikian. Jika perjalanan dilakukan pada malam hari, bayi yang tertidur tidak akan rewel dan bisa mendapat lebih banyak istirahat. Karena kecil kemungkinan manusia cilik imut-imut ini bisa tertidur di kendaraan di siang hari kecuali memang kelelahan.

Baca Juga:Anak Susah Ditinggal? Ini Dia Tipsnya untuk Anda

Jangan teledor pula dalam menyiapkan segala kebutuhan si kecil seperti makanannya, minumannya, susunya, dan cemilannya. Jangan sekali-sekali memperkenalkan makanan baru pada si kecil di saat mudik.Belum tentu dia menyukai atau cocok dengan makanan itu. Bisa-bisa ibu bukannya menikmati mudik bersama si kecil dan keluarga tapi malah repot mengurusi si kecil yang muntaber karena salah makan. Ada baiknya ibu juga menyimpan catatan rekam medis serta telepon jasa pelayanan masyarakat untuk mendapatkan bantuan di saat butuh.

Terakhir, janganlah memaksakan diri untuk mudik bersama si kecil. Karena arus mudik bukanlah sesuatu yang bisa diprediksi, maka sematang apapun persiapan anda, masih ada peluang untuk terjadi kesalahan yang beresiko membahayakan si kecil. Untuk itu, pikirkan matang-matang sebelum membawa si kecil mudik. Kadang, tidak ada salahnya tinggal di rumah saat hari lebaran tiba selama si kecil sehat dan aman.

This post has already been read 355 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation