10 Peraturan Parenting Untuk Orangtua Sebagai Prinsip Dasar Pola Pengasuhan Anak (Part 1)

Apakah Anda terus-menerus mencari info terbaru tentang parenting untuk memastikan apa yang Anda lalukan semuanya sudah tepat? Anda dapat sedikit relaks, menurut psikolog Universitas, Laurence Steinberg, mengatakan bahwa orangtua yang sempurna itu tidak ada.

Kata Steinberg, “Tapi saya belum pernah bertemu orangtua yang sempurna 100 persen”.  Ada 10 rangkaian prinsip-prinsip dasar parenting yang baik. Hal ini bisa menjadi acuan dalam gaya pola pengasuhan anak yang baik. Steinberg percaya ini bisa menjadi format yang sempurna untuk para orangtua yang sibuk setiap harinya.

“Tidak ada pekerjaan yang lebih penting dalam setiap masyarakat daripada membesarkan anak-anak, dan tidak ada pengaruh yang lebih penting tentang bagaimana anak-anak mengembangkan daripada orangtua mereka.”

Berikut ini adalah gambaran singkat dari 10 Peraturan Parenting Untuk Orangtua Sebagai Prinsip Dasar Pola Pengasuhan Anak yang baik:

1. Apa yang Anda lakukan

Katakan pada diri Anda setiap hari. Bagaimana cara Anda memperlakukan dan menanggapi anak. Anda harus tahu apa yang sedang Anda perbuat terhadap anak Anda dan apa manfaatnya. Selalu bertanya pada diri Anda sendiri: Apa efek akan keputusan saya terhadap anak saya?

2. Anda tidak bisa terlalu mencintai.

Sebagai orangtua tentu kita sangat mencintai anak kita. Tapi sebaiknya Anda tidak perlu menunjukan ekspresi bahwa Anda sangat mencintai anak Anda. Tunjukan sikap sebagai orangtua yang hangat hingga anak menyadari bahwa ada kasih sayang dan cinta antara Anda dengan dirinya, ini sudah cukup dibandingkan menunjukkan sikap yang terlalu mencintai hingga berlebihan. Biasanya sikap berlebihan ditunjukkan pada sikap over protect kemudia pemberian materi yang berlebihan, member harapan dan memanjakan anak.

3. Terlibat dalam kehidupan anak Anda.

Anda sibuk mengajar karir Anda? Anda katakana semua untuk kepentingan anak dan keluarga? Sebagai orangtua tidak bole terlupakan, Anda perlu terlibat langsung dalam kehidupan anak Anda.

Susun kembali jadwal kegiatan Anda, letakkan kehidupan anak sebagai prioritas. Kepentingan anak dan keluarga memang harus benar-benar diperhatikan. Jangan mengeluh ketika Anda mengorbankan kepentingan Anda untuk terlibat dalam kehidupan anak Anda. Beri dukungan baik mental maupun fisik merupakan pola pengasuhan anak yang baik bagi tumbuh kembang anak.

4. Peting untuk beradaptasi agar sesuai dengan kebutuhan anak Anda.

Kebutuhan anak mengalami perubahan pada setiap fase kehidupannya. Sebagai orangtua penting bagi Anda untuk bisa beradaptasi agar sesuai antara apa yang Anda usahakan untuk anak dengan apa yang dibutuhkan anak Anda.

Seiring waktu anak semakin besar, semakin banyak kebutuhan, semakin banyak pertanyaan dan semakin bergejolak di dalam kehidupan pribadinya. Ketahui dengan peka apa yang sedang dibutuhkan dengan anak Anda. Bawa ke posisi dimana anak Anda merasa ia di merdekakan oleh orantuanya.

Bila ada argumentasi antara anak dengan orangtua, ini merupakan hal yang wajar. Hadapi pertanyaan-pertanyaan yang ada dengan memberikan arahan yang tepat.

5. Membentuk dan menetapkan aturan.

Jika Anda tidak mengelola perilaku anak Anda dari anak masih kecil, ia akan memiliki kesulitan untuk belajar bagaimana mengelola dirinya sendiri ketika dia sudah lebih tua dan Anda sudah tidak berada disampingya untuk merawatnya.

Setiap saat, siang atau malam, Anda harus selalu mampu menjawab tiga pertanyaan: Dimana anak saya? Dengan siapa anak saya saat ini? Apa yang sedang anak saya lakukan? Penting untuk membentuk aturan dan menetapkan aturan di dalam sebuah rumah tangga.

Beri arahan agar anak mengetahui bahwa menjawab ketiga pertanyaan tersebut merupakan hal yang sangat penting untuknya. Karena ini merupakan hal yang penting, sekalipun tidak ditanya, anak seharusnya memiliki kesadaran untuk mengabarkan kepada orangtuanya setelah anak mulai dewasa.

Melanjutkan ke Part 2

This post has already been read 1461 times!

3 Thoughts on “10 Peraturan Parenting Untuk Orangtua Sebagai Prinsip Dasar Pola Pengasuhan Anak (Part 1)

  1. Pingback: 10 Peraturan Parenting Untuk Orangtua Sebagai Prinsip Dasar Pola Pengasuhan Anak (Part 2)

  2. Thank you for another informative blog. Where else may just I am getting that kind of information written in such an ideal approach? I’ve a project that I am simply now working on, and I have been at the glance out for such info.

  3. Pingback: Parenting Yang Baik mengatasi Kakak Cemburu dengan Adik | A Good Parenting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation